Wednesday, September 3, 2014

Perbedaan Antara Odex Dan Deodex

Sering kali timbul pertanyaan pada Grup Facebook AI dan di beberapa forum android tentang pengertian dari Odex dan Deodex.Apalagi bagi Droiders yang baru memasuki dunia  Android pasti akan seidkit asing dengan istilah tersebut. Untukitu Ai akan sediki tmembahas tentang kedua istilah tersebut.
Aplikasi yang berekstensi.apk sebagian mempunyai file .odex yang bertujuan untuk menghemat data. File-file odex sebenarnya berisikode khusus yang berfungsi mempercepat atau mengoptimalkan proses booting. Dengan  kata lain, dengan adanya file odex proses booting akanlebihcepat
  1. (File) .dex Dalam file sistemAndroid, aplikasi berbentuk paket dengan extensi apk.paket aplikasi atau apk ini mempunyai file odexyang fungsi untuk menghemat ruang penyimpanan. Dengan begitu, adanya file odex akan mempercepat proses boot karena load bagiandari aplikasi2 yang ada. disisilain, adanya odex mempersulit proses hacking terhadap apk, karena beberapa bagian dari apk telah di extract dan berada di lokasi yang lain sebelum di eksekusi. File .dex pada dasarnya adalah file yang sudah dikompile menjadi file aplikasi yang digunakan oleh Dalvik VM.
  2. (File) .Odex File .odex adalah file .dex yang sudah di optimalisasi atau sudah mengalami pre-compile untuk kemudian di jalankan di firmware tertentu saja
  3. Deodex.Deodex adalah suatu proses untuk mengembalikan file .dex yang sudah kita ubah menjadi(.odex) kembali ber-ekstensi file .dex Proses deodex ini akan menyusun kembali menjadi file apksaja. Deodex memungkinkan proses pengeditan apk file menjadi lebihmudah.
Kelebihan deodex:
  • Lebih mudah untuk memodifikasi ROM
  • Lebih mudah bagi para Developer untuk proses pembuatan thema
Kekurangandeodex : Proses booting akan terasa lebih lama
Cara mengetahui Handheld odex / sudahdeodex:
Cara mengetahuinya cukup mudah,Droiders cukup masuk ke menu /system/app/ menggunakan file explorer (root exploler) ,lalulihat disitu ada file dengan extension .Odex atau tidak, jika ada maka Handheld Droiders belum deodex..

0 comments:

Post a Comment